Setelah lulus kuliah di Jerman, lalu apa???

Kalau ada yang bertanya seperti ini, saya jadi teringat ke tahun 2005 saat saya baru lulus kuliah master dari FH Jerman. Banyak sekali pilihan dan juga rintangan yang saya lihat dan hadapi saat itu. Saya ambil kertas dan bolpen dan mulai menuliskan apa saja pilihan saya dan hasil yang masuk akal dari pilihan tersebut.

Pilihan pertama: pulang ke Indonesia dan cari kerja disana. Rintangannya: saya harus mulai lagi dari nol. Saya harus terima kalau gaji pertama di Indonesia tidak besar tetapi kenaikannya biasanya cukup tinggi setiap tahun, tentu tergantung dari kinerja kita. Lalu saya harus mengucapkan selamat tinggal ke pacar (sekarang suami), teman-teman, dan kenyamanan hidup di Jerman.

Pilihan kedua: cari kerja di Jerman. Ohhh… andaikata ini semudah membalikan telapak tangan. Rintangannya saat itu adalah kondisi perekonomian Jerman dan negara2 barat yang sedang buruk-buruknya. Tidak mudah mencari kerja saat itu apalagi bahasa Jerman saya masih pas-pasan. Maklum lah, saya kuliah sebagian besar menggunakan bahasa Inggris.

Pilihan ketiga: kuliah lagi di Jerman. Saya merasa pengalaman saya tinggal di Jerman yang hanya 1,5 tahun saat itu belum cukup. Dan saya sangat menikmati tinggal di Jerman. Rintangannya adalah kondisi keuangan pribadi saya. Uang dari orang tua hanya cukup untuk biaya hidup 1,5 tahun itu saja.

Setelah diskusi panjang lebar dengan keluarga, ada yang pro, ada yang kontra; setelah coba cari kerja di Indonesia dan Jerman melalui internet dan telephone; disaat yang sama saya juga melamar ke beberapa universitas; akhirnya saya memutuskan untuk ambil pilihan yang ketiga.

Saya tidak menyesal mengambil pilihan yang ketiga. Melewati jalan yang lebih panjang, saya akhirnya mendapatkan pekerjaan di perusahaan software di Jerman. Saya menikah dengan pacar dan menikmati kehidupan kami di Jerman. Banyak sekali suka duka nya tinggal di Jerman. Saya akan ceritakan di artikel saya berikutnya.

Salam dari Heidelberg.

4 thoughts on “Setelah lulus kuliah di Jerman, lalu apa???

  1. saya sangat tertarik dengan semua blog kakak (yg pertama dan yg skrg)… soalnya saya berniat kuliah di jerman dan berniat tinggal di jerman setelah kuliah… saya ingin mendengar cerita kakak lebih banyak lagi… 😀

    • Semua kota di Jerman dimana ada uni/fh cocok kok untuk mahasiswa. Jangan pikirin kotanya, tapi pikirin jurusan dan uni/fh yang kamu mau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *