Asuransi Apa sih yang kita butuhkan?

Sebagai student, saya hanya punya satu asuransi yaitu asuransi kesehatan. Itupun kalau tidak diwajibkan, mungkin saya tidak mau pakai asuransi kesehatan. Tiap bulan, duluuu yah saya harus bayar 57 EUR per bulan dan jarang sekali ke dokter. Apalagi di tahun pertama dan kedua saya tinggal di Jerman, rasanya segala macam penyakit mahasiswa bisa dilawan dengan panadol, kominex, dan antangin saja. Apalagi dulu setiap ke dokter, saya harus bayar extra 10 EUR, sekarang 10 EUR per quartal, jadi makin bikin malas ke dokter.

Setelah semakin terbiasa dengan kehidupan di Jerman dan melihat bagaimana orang Jerman, saya semakin rajin periksa ke dokter. Mulai dari periksa gigi, periksa kesehatan sebagai wanita, dan ke dokter kalau alergi lagi kambuh. Dokter di Jerman hanya memberikan obat kalau kita benar-benar butuh obat dan biasanya dosis yang diberikan sangat kecil. Saya juga semakin terbiasa untuk tidak bergantung pada obat-obatan yang saya bawa dari Indonesia.

Nah, selain asuransi kesehatan, asuransi apa lagi sih yang kita butuhkan?

Jerman itu terkenal dengan banyaknya asuransi. Kadang saya bingung, kok bisa banyak banget pilihan asuransi. Orang Jerman memang tipe orang yang mau hidup tenang, karena itu mereka punya banyak asuransi. Setelah menganalisis gaya hidup keluarga kami, apa yang kami inginkan ke depan, saya membuat beberapa asuransi untuk keluarga kami.
Perlu diingat yah, tiap orang bisa jadi membutuhkan asuransi yang berbeda-beda. Itu semua tergantung dari keadaan keuangan kita saat ini dan apa yang kita inginkan ke depan. Disini saya akan memaparkan beberapa asuransi yang menurut saya secara umum diperlukan oleh orang Indonesia yang tinggal di Jerman, terutama kalau kamu sudah lulus kuliah.

  1. Krankenversicherung / Asuransi Kesehatan
    Semua orang yang tinggal di Jerman, termasuk anak-anak, wajib mempunya asuransi kesehatan. Ada 2 macam asuransi kesehatan: Gesetzlich dan Privat. Banyak orang yang mikir Privat asuransi lebih bergengsi daripada Gesetzlich; menurut saya itu pemikiran yang salah. Memang kalau kita mau punya Privat asuransi, kita harus menunjukan gaji minimum, tetapi bukan berarti orang2 yang bergaji tinggi mau punya Privat asuransi.
    Seperti namanya, Gesetzliche asuransi itu diatur oleh peraturan negara. Karena diatur oleh negara, harga yang dibayarkan juga harus disetujui oleh negara. Saat ini tiap bulannya kamu harus bayar 14,6% dari gaji kotor, tetapi biasanya kantor kamu harus bayar setengahnya. Jadi 7,3% akan dipotong langsung dari gaji kotor kamu. Sedangkan Privat asuransi biayanya berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin dan umur. Perempuan harus bayar lebih banyak dari lelaki; orang yg lebih tua saat membuat asuransi ini harus bayar lebih banyak daripada yang lebih muda. Tiap Privat asuransi juga memiliki peraturan sendiri-sendiri. Intinya, semakin banyak pelayanan yang kamu inginkan, semakin mahal kamu harus bayar setiap bulannya.
  2. Pflegeversicherung / Asuransi terhadap perawatan jangka panjang
    Asuransi ini merupakan asuransi yang wajib kamu punya kalau kamu bekerja di Jerman. Asuransi ini menjamin kalau kamu sampai perlu perawatan jangka panjang. Bagaimana dengan jangka pendek? Perawatan jangka pendek yang biasanya dilakukan di rumah sakit, dijamin oleh asuransi kesehatan. Sedangkan yang dimaksud dengan jangka panjang adalah kalau kamu sampai perlu perawatan di rumah kamu atau di rumah perawatan khusus.
    Jangan kaget kalau gaji kotor kamu dipotong 2,35%, dimana biasanya separonya akan dibayarkan oleh kantor.
  3. Rentenversicherung / Asuransi pensiun
    Ini juga asuransi yang wajib kamu punya. Seperti namanya, asuransi ini akan kamu rasakan kalau kamu sudah pensiun. Sistem yang digunakan untuk asuransi ini agak sedikit beda dengan asuransi wajib lainnya. Disini tiap orang yg bekerja diwajibkan membayar 18,7 %, dimana separonya biasanya dibayar oleh kantor. Uang yang diterima saat ini akan diberikan kepada orang yg sudah pensiun saat ini. Jadi uang yang kita akan terima saat kita pensiun nanti, tergantung dari jumlah uang yg dibayarkan oleh pekerja saat kita pensiun nanti.
  4. Arbeitslosenversicherung / Asuransi saat tidak mempunyai pekerjaan
    Ini juga asuransi yang wajib kamu punya. Seperti namanya, asuransi ini akan kamu rasakan kalau kamu tidak sedang bekerja atau sedang mencari pekerjaan setelah keluar atau dikeluarkan dari perusahaan sebelumnya. Kamu harus bayar 3% dari gaji kotor kamu, dimana separo nya akan dibayarkan oleh kantor.
  5. Unfallversicherung / Asuransi kecelakaan
    Asuransi ini bukan asuransi wajib, tetapi saya menyarankan untuk mempunyai asuransi ini kalau kamu berencana tinggal lama di Jerman. Dengan memiliki asuransi ini, kalau sampai kamu kecelakaan di tempat kerja, semua kerugian akan ditanggung oleh asuransi ini.
  1. Private Haftpflicht
    Asuransi ini tidak mahal, tergantung dari perusahaan asuransi, kira-kira 50 EUR per tahun nya. Walaupun tidak mahal, jangan anggap remeh asuransi ini. Saya sarankan kamu punya asuransi ini kalau kamu tinggal di Jerman, apalagi kalau punya anak kecil. Asuransi ini membayar kerugian yang disebabkan oleh kesalahan kamu. Misalnya begini: kamu pergi ke toko lampu. Lagi asik lihat-lihat lampu, tanpa sengaja kamu menyenggol lampu dan rusak deh lampu yang sama sekali kamu tidak mau beli. Asuransi ini akan membayar kerugian ke toko lampu tersebut. Bayangkan kalau kamu punya anak kecil kan.
  1. Rechtschutzversicherung / Asuransi hukum
    Sesuai namanya, asuransi ini baru berguna kalau kamu punya kasus yang dibawa secara hukum. Ini bukan asuransi wajib, tetapi saya pikir sebaiknya kamu punya asuransi ini. Bayar pengacara di Jerman bukan main mahalnya. Jadi kalau sampai kamu ada masalah yang harus dibawa melalui jalur hukum, kamu bisa lebih tenang menghadapi masalah itu dengan asuransi ini. Contohnya: kamu sewa kamar di satu apartment, atau sewa apartment di satu gedung dan kalian patungan dalam membayar internet. Salah seorang di gedung itu menyalahgunakan data melalui internet, misalnya download lagu-lagu. Perusahaan lagu itu bisa membawa kalian semua disatu gedung itu ke jalur hukum. Kalau kamu yakin itu bukan kesalahan kamu, tetap saja kamu butuh pengacara loh, apalagi kalau bahasa Jerman adalah bahasa ketiga atau keempat kamu.
  1. KFZ-versicherung: asuransi kendaraan, wajib punya kalau kamu memiliki kendaraan
  1. Gebäudeversicherung: wajib punya kalau kamu memiliki rumah atau apartment
  1. Hausratversicherung: sebaiknya punya kalau kamu memiliki rumah atau apartment
  1. Grundfähigkeitsversicherung: tidak wajib, tetapi sebaiknya punya. Asuransi ini menjamin keuangan kamu kalau sampai kamu tidak bisa bekerja secara penuh karena kondisi apapun.

Kalau mau diteruskan, masih banyakkk lagi. Tetapi biasanya asuransi diatas lah yang kamu wajib punya atau bisa dipertimbangkan. Saking banyaknya, saya terkadang berfikir, ada tidak yah asuransi yang menjamin saya punya asuransi yang saya butuhkan saat saya membutuhkan asuransi tertentu J

Silahkan hubungi saya melalui kontak kalau kamu masih punya pertanyaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *