Bantuan atau Tunjangan dari Negara

Siapa sih yang ga suka dapat gratisan?? Saya sih suka banget! Kali ini kita akan ngomongin bukan hanya gratisan tetapi lebih dari itu. Di Indonesia kan yang dapat tunjangan dari negara biasanya pegawai negeri yah, kalau disini bukan pegawai negeri pun dapat tunjangan dari negara. Apa saja sih yang bisa kita dapatkan dari negara?

Sebelum kamu penasaran, harus diingat definisi hak dan kewajiban dan bagaimana keduanya saling mendukung yah. Tunjangan dari negara itu hak kita, tetapi untuk itu kita juga harus menjalani kewajiban kita dulu, seperti membayar pajak dan melaporkan situasi kita dengan jujur dan benar.

OK, balik lagi ke topik semula, di artikel ini saya akan memaparkan apa saja yang negara bisa (ingat bisa bukan harus yah) berikan kepada kita.

  1. Kindergeld

Sesuai namanya, kindergeld diberikan kepada anak-anak yang orang tuanya bayar pajak di Jerman. Besarnya berdasarkan jumlah anak yang kamu punya. Anak pertama – anak kedua mendapatkan 190 EUR per bulan per orang, anak ketiga dapat 196 EUR, anak berikutnya dapat 221 EUR. Anak kamu akan dapat Kindergeld sampai dia bekerja atau maksimum sampai umurnya 25 tahun.

  1. Elterngeld

Sesuai namanya, Elterngeld diberikan kepada orang tua yang membayar pajak. Kamu sebagai orang tua yang baru saja mempunyai anak bisa mendapatkan 67% dari gaji bersih kamu, maksimum 1800 EUR, setiap bulannya kalau kamu ambil cuti melahirkan. Elterngeld bisa didapatkan sampai usia bayi kamu 14 bulan kalau Ibu dan Bapak nya gantian cuti atau hanya 12 bulan kalau hanya ibu atau bapaknya yang cuti. Bagaimana buat ibu-ibu yang tidak bekerja? Ibu-ibu akan mendapatkan 300 EUR perbulannya sampai bayi ibu berumur 12 bulan.

  1. Rister-Rente

Yang ini agak-agak membingungkan. Tetapi setelah saya baca-baca lagi dan mengalami sendiri, akhirnya saya jadi mengerti. Rister-Rente sebenarnya tunjangan dari pemerintah untuk membantu kehidupan kamu saat kamu pensiun. Tetapi kita bisa juga mendapatkan tunjangan ini sekarang atau sebelum pensiun kalau kamu mau menggunakan uangnya untuk beli properti yang akan dipakai sendiri atau membeli saham jangka panjang yang akan dicairkan saat kamu pensiun. Contohnya yah, selama setahun pemerintah akan memberikan tunjangan sebanyak 190 Eur per orang per tahun, jadi 380 untuk suami istri. Kalau punya anak, per anak dapat 150 Eur. Jadi kamu harus membuka rekening Rister-Rente di bank tertentu. Lalu kamu masukan uang ke rekening itu setiap tahunnya 2.100 EUR, pemerintah akan masukan uang tunjangannya juga ke rekening yang sama. Uang yang kamu masukan ke Rister-Rente dapat kebebasan pajak juga. Dalam waktu 10 tahun misalnya, kamu bisa mengambil uang dari rekening itu untuk melunasi cicilan rumah kamu. Atau kalau kamu mau menggunakan Rister-Rente untuk saham pensiunan, bisa juga.

  1. Arbeitslosengeld

Yang ini adalah tunjangan yang dihasilkan dari asuransi yang kamu bayarkan ke pemerintah selama kamu bekerja dan membayar Arbeitsloseversicherung minimal selama 12 bulan. Kalau kamu sampai tidak bekerja karena keluar atau dikeluarkan, kamu bisa tunjangan ini selama 1 tahun atau maksimum 2 tahun kalau kamu sudah lebih tua. Jumlah yang bisa kamu dapat setiap bulannya tergantung dari gaji kotor kamu.

Masih ada lagi beberapa tunjangan yang bisa kamu dapatkan tergantung dimana kamu tinggal. Contohnya: ada kota yang memberikan hadiah uang untuk setiap anak yang baru lahir dikota tersebut, atau kota yang memberikan tunjangan kalau kamu mempunyai anak minimal 3 orang. Saya juga pernah dengar ada kota yang memberikan tunjangan dengan memgratiskan uang bulanan TK karena pada umumnya TK di Jerman tuh bayar.

Jadi kalau saya pikir, saya tidak merasa rugi membayar pajak yang lumayan tinggi karena saya mendapatkan kembali melalui fasilitas yang bagus dan tunjangan yang seperti saya sebutkan diatas.

4 thoughts on “Bantuan atau Tunjangan dari Negara

  1. tunjangan itu diperuntukkan khusus untuk warga negara jerman, atau warga asing yang memiliki visa nasional, juga bisa mendapatkan tunjangan? tentunya jika warga asing tersebut membayar pajak

  2. thank you ya steve and theresia. tulisan2 info mu telah jadi berkat bagi banyak orang. salah satunya saya. dulu sering baca ulasan kamu dan sekarang anak saya sudah di berlin. Tuhan memberkati.
    p. Rendy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *